Just another WordPress.com site

By. John Piper

Bila Anda seperti saya, Anda menemukan bahwa dari waktu ke waktu kehidupan doa Anda memerlukan suatu sentakan dari kerutinan yang telah diciptakannya. Kita cenderung untuk memakai ungkapan-ungkapan yang sama berulang-ulang. Kita cenderung untuk kembali pada ungkapan-ungkapan usang (seperti kata default – asal). Kita terjebak dalam pola pengulangan tanpa berpikir.

Iblis membenci doa. Tubuh jasmani kita sendiri secara alamiah tidak menyukainya. Oleh karenanya, doa tidak terlahir secara utuh dan sempurna dan penuh hasrat dari rahim hati kita. Doa selalu membutuhkan disiplin yang terus-menerus diperbarui.

Bertahun-tahun yang lalu, ketika saya menulis Let the Nations Be Glad (Biarkan Bangsa-bangsa Bergembira), saya mendebat bahwa doa merupakan walkie-talkie (alat komunikasi jarak jauh) dalam masa peperangan, bukan sebuah interkom domestik. Allah lebih menyerupai seorang jenderal dari Pusat Komando, dan bukannya seperti bujang laki-laki yang menanti untuk membawakan Anda bantal lain di kamar tidur. Tentu saja, Ia adalah juga Bapa, Kekasih, Sahabat, Tabib, Gembala, Penolong, Raja, Penyelamat, Tuhan, Penasihat. Tetapi dalam dunia yang penuh dengan iblis, dunia yang sudah jatuh ini, doa akan berfungsi paling baik bila kita menjaga agar frekuensinya selalu tertuju kepada Pusat Komando dalam perjuangan iman.

Jadi ketika saya menulis buku itu, saya mengumpulkan di satu tempat semua hal yang didoakan oleh gereja mula-mula. Saya mencetaknya untuk diri saya sendiri, dan ternyata hal ini terbukti menjadi salah satu dari sekian banyak ”sentakan” yang saya perlukan. Saya pikir Anda akan merasakan kegunaan hal ini. Anda mungkin ingin mencetaknya dan menyimpannya sementara waktu dalam Alkitab Anda untuk menjadi panduan Anda dalam berdoa.

Dalam berdoa, menjadi suatu pembangun-keyakinan yang besar bila Anda mengetahui bahwa Anda tidak sedang mengikuti suatu kebiasaan khusus. Mendoakan hal-hal yang didoakan dalam Perjanjian Baru merupakan cara yang aman dan penuh kuasa untuk berdoa.

Doa tetap merupakan salah satu misteri besar dan agung dalam alam semesta ini-bahwa Allah yang Mahatahu, Mahabijak, Mahakuasa itu menakdirkan untuk menggerakkan dunia ciptaan-Nya sebagai tanggapan terhadap doa-doa kita, hal ini merupakan fakta yang menakjubkan. Namun seperti itulah kesaksian yang seragam dari Kitab Suci. Allah mendengar dan menjawab doa umat-Nya. Oh, jangan abaikan cara menakjubkan ini untuk mempengaruhi bangsa-bangsa dan berbagai pergerakan, lembaga dan gereja serta hati orang-orang, terutama hati Anda sendiri.

Bila Anda ingin mendoakan apa yang didoakan oleh gereja yang mula-mula…

Berdoalah agar Allah meninggikan nama-Nya di dunia ini.
Jadi, berdoalah demikian: “Bapa kami yang di surga, dimuliakanlah nama-Mu.” (Mat. 6:9)
Berdoalah agar Allah memperluas kerajaan-Nya di dunia ini.
Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di sorga. (Mat. 6:10)

Berdoalah agar Firman Tuhan terus mendapat kemajuan dan dimuliakan.
Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu. (2 Tesalonikan 3:1)

Berdoalah untuk kepenuhan Roh Kudus.
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya ! (Lukas 11:13; cf Efesus 3:19)

Berdoalah agar Allah akan membenarkan umat-Nya dalam alasan mereka.
Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya, yang siang malam berseru kepada-Nya? (Lukas 18:7)

Berdoalah agar Allah menyelamatkan mereka yang belum percaya.
Saudara-saudara, keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah, supaya mereka diselamatkan. (Roma 10:1)

Berdoalah agar Allah mengarahkan penggunaan pedang Roh.
Terimalah…pedang Roh, yaitu Firman Allah; dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu. (Efesus 6:17,18)

Berdoalah agar diberi keberanian dalam pemberitaan Injil
Berdoalah setiap waktu…dan juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil (Efesus 6:18-19)
Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami, dan berilah kepada kami keberanian untuk memberitakan Firman-Mu (Kisah Para Rasul 4:29)

Berdoalah meminta tanda-tanda dan mukjizat-mukjizat
Dan sekarang, ya Tuhan, ….. berilah kepada kami keberanian untuk memberitakan Firman-Mu….Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang; dan adakanlah tanda-tanda dan mukjizat-mukjizat oleh nama Yesus, hamba-Mu yang kudus (Kisah Para Rasul 4:29-30)
Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan. Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumi pun mengeluarkan buahnya. (Yakobus 5:17-18)

Berdoalah untuk kesembuhan rekan-rekan yang terluka
Supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni (Yakobus 5:14-15)
Berdoalah untuk kesembuhan orang-orang yang belum percaya
Ketika itu ayah Publius terbaring karena sakit demam dan disentri. Paulus masuk ke kamarnya, ia berdoa serta menumpangkan tangan ke atasnya dan menyembuhkan dia. (Kisah Para Rasul 28:8)

Berdoalah untuk pengusiran setan-setan.
Jawab-Nya kepada mereka, “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa.” (Markus 9:29)
Berdoalah untuk kelepasan secara ajaib
Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah….Dan setelah berpikir sebentar (ia telah dibebaskan), ia pergi ke rumah Maria, ibu Yohanes yang disebut juga Markus. Di situ banyak orang berkumpul dan berdoa. (Kisah Para Rasul 12:5;12)
Kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat. (Kisah Para Rasul 16:25-26)

Berdoalah untuk kebangkitan orang mati
Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata, “Tabita, bangkitlah!” Lalu Tabita membuka matanya dan ketika ia melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. (Kisah Para Rasul 9:40)

Berdoalah bahwa Tuhan akan mencukupkan pasukan-Nya dengan segala kebutuhan mereka.
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya (Matius 6:11)

Berdoalah meminta hikmat yang berstrategi
Apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah,-yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit-, maka hal itu akan diberikan kepadanya. (Yakobus 1:5)

Berdoalah agar Allah memantapkan kepemimpinan di pos-pos penginjilan
Di tiap tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka. (Kisah Para Rasul 14:23)

Berdoalah agar Allah mengirimkan pasukan penguat.
Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. (Matius 9:38)
Ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi (Kisah Para Rasul 13:2-3)

Berdoalah untuk keberhasilan para misionaris lainnya.
Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku, supaya aku terpelihara dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku untuk Yerusalem disambut dengan baik oleh orang-orang kudus di sana (Roma 15:30-31)

Berdoalah untuk kesatuan dan kesehatian dalam barisan laskar Allah.
Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. (Yohanes 17:20-21)

Berdoalah agar ada dorongan untuk kebersamaan.
Siang malam kami berdoa sungguh-sungguh, supaya kita bertemu muka dengan muka dan menambahkan apa yang masih kurang pada imanmu. (1 Tesalonika 3:10)

Berdoalah meminta pikiran yang dapat membedakan
Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus. (Filipi 1:9-10)
Berdoalah meminta pengertian akan kehendak-Nya
[Kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu]. Kami meminta supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna (Kolose 1:9)

Berdoalah supaya dapat lebih mengenal Allah.
[Kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu agar] bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah. [Kolose 1:10; . Efesus 1:17]

Berdoalah memohon kuasa untuk memahami kasih Kristus
Aku sujud kepada Bapa…[supaya kamu] bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. (Efesus 3:14,18-19)

Berdoalah memohon agar dapat lebih menyelami jaminan pasti itu.
Aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku…agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus. (Efesus 1:16,18)

Berdoalah memohon kekuatan dan ketekunan.
[Kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu …supaya kamu] dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar (Kolose 1:11; bd. Efesus 3:16)

Berdoalah memohon pemahaman lebih dalam akan kuasa-Nya dalam diri mereka
Aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku…agar kamu mengerti…betapa hebatnya kuasa-Nya bagi kita yang percaya. (Efesus 1:16, 18-19)

Berdoalah agar iman Anda tidak gugur.
Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanumu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu. (Lukas 22:32)
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia. (Lukas 21:36)

Berdoalah memohon iman lebih besar.
Segera ayah anak itu berteriak: “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini.!” (Markus 9:24; bd. Efesus 3:17)

Berdoalah agar Anda tidak jatuh ke dalam pencobaan.
Janganlah membawa kami ke dalam pencobaan (Matius 6:13)
Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah. (Matius 26:41)

Berdoalah agar Allah menyempurnakan ketetapan hati Anda.
Karenia itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu. (2 Tesalonika 1:11)

Berdoalah supaya Anda akan melakukan pekerjaan baik.
[Kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu…supaya] hidupmu layak di hadapan-Nya, serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik. (Kolose 1:10)

Berdoalah memohon pengampunan atas dosa-dosa Anda
Ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. (Matius 6:12)

Berdoalah memohon perlindungan dari si jahat.
Lepaskanlah kami daripada yang jahat. (Matius 6:13)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: