Just another WordPress.com site

by. John Piper
Sudah pasti buat kita penderitaan tidak bisa dimengerti, tidak. Tetapi bagi Allah ada artinya. Karena itu penderitaan bukannya irasional atau tidak masuk akal.

Perspektif kita bukanlah perspektif Allah. Kita tidak mempunyai pandangan yang sama dengan Dia. Ada banyak analogi tentang hal ini. Analogi yang paling saya sukai adalah tentang sulaman. Analogi ini dipakai oleh Corri ten Boom, yang banyak mengalami penderitaan pribadi sewaktu Perang Dunia II ketika dia dipenjarakan karena menolong orang-orang Yahudi.

Dia berkata bahwa penderitaan di dunia ini seperti melihat dibalik karya sulam. Allah menenunnya dari atas ke bawah, sehingga Dia bisa melihat pola gambar yang terbentuk. Kita melihatnya dari bawah, dan yang kita lihat adalah benang-benang kusut. Kelihatannya tidak ada arti sama sekali, walaupun karya sulamannya sama.

Di dalam Alkitab, Allah memberikan cukup bukti akan kemampuanNya sebagai penenun. Alkitab juga memberikan cukup gambaran sekilas dari sulaman tersebut, dan cukup pula janji-janji bahwa Dia akan membuat semua benang kehidupan kita menjadi indah, jadi walaupun kita hanya melihatnya dari bawah dari waktu ke waktu, kita dapat percaya padaNya. Itulah yang kita lakukan ketika mengalami penderitaan.

Kita tidak perlu mengetahui mengapa penderitaan itu harus terjadi sekarang. Mengapa penderitaan itu harus sebegitu beratnya, dan sebegitu besar akibatnya. Kita tidak bisa melihat semua itu. Yang bisa kita lihat adalah janji-janji, “Aku turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagimu” dan “Aku akan melimpahkan anugerahKu dalam kelemahanmu”. Allah telah cukup membukakan bagi kita di dalam Alkitab untuk mengetahui bahwa ada sulaman di atas sana dan bahwa saya adalah bagian dari sulaman itu, dan itu akan menjadi indah. Saya mau bergantung padaNya.

Maukah Anda berdoa untuk orang yang sedang bergumul dengan penderitaan saat ini?

Amin, Marilah kita berdoa.

Bapa, saya berdoa bersama rasul Paulus agar Engkau memberikan pada setiap orang yang sedang mendengar saya saat ini untuk diberikan kekuatan rohani, sesuai dengan kekayaan anugerahMu, melalui rohMu. Saya berdoa agar dengan iman, Kristus tinggal di dalam hati mereka, dan agar mereka berakar dan tertanam dalam kasih. Saya berdoa agar ditengah-tengah penderitaan mereka boleh mendapatkan kuasa, kuasa rohani, bersama semua orang suci untuk bisa memahami betapa tinggi, dalam, panjang dan luasnya, dan untuk mengetahui bahwa kasih Kristus itu melebihi segala pengetahuan.

Saya berdoa agar Krisus dapat menjadi harta yag berharga bagi mereka, biarlah Dia dapat menjadi pengharapan mereka, kekuatan mereka, dan sukacita mereka. Tuhan, jadikan Yesus begitu nyata, begitu berkuasa, begitu dalam, begitu unik, begitu pasti sehingga tak tergoyahkan, agar mereka tidak bimbang dalam ketidak percayaan ketika mereka menjalani kapahitan dalam hidup mereka.

Ya Tuhan, berikanlah anugerahMu yang menguatkan.

Bukan anugerah untuk menepis hal-hal yang tidak menyenangkan,
Bukan juga lari dari segala kesusahan, tetapi berikanlah:
anugerah untuk mengatasi kesulitan dan kepedihan kami,
sehingga dalam kegelapan hidup, ada anugerahMu yang memberikan kekuatan.
Topanglah tiap-tiap orang, ya Tuhan, dengan anugerahMu ketika mereka berserah kepadaMu.

Dalam nama Yesus saya berdoa, Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: